Promosi Jasa Pendidikan

Pertemuan Ke-11
"Promosi Jasa Pendidikan"

Pada hari Senin, 6 Mei 2013 dosen kami tidak hadir tetapi perkuliahan tetap berjalan seperti biasanya. Proses paparan dari kelompok 9 kali ini sama seperti yang pernah dilakukan sebelumnya yaitu perwakilan dari tiap kelompok menjelaskan paparan mereka ke beberapa kelompok yang sudah dipilih oleh Penanggung Jawab matakuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan ini. Pemapar yag menjelaskan kelompok 8 dan 10 adalah Ayu Wulandari, berikut paparannya.

Promosi adalah sesuatu yang dirancang untuk menaruh nama, keterampilan, dan kegiatan perusahaan yang berpromosi itu ke hadapan klien yang sekarang ada dan yang potensial.
Jasa adalah tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain, pada dasarnya tidak berujud dan tidak meningkatkan kepemilikan apa pun.

Promosi Jasa Pendidikan mempunyai beberapa sasaran untuk memaksimal promosi mereka agar tercapainya tujuan, yaitu:
  • Membangkitkan kesadaran
  • Menunjukkan perbedaan
  • Mengkomunikasikan manfaat
  • Membangun citra yang baik
  • Membujuk pelanggan
  • Menghilangkan konsepsi keliru
  • Memberitahu sumber daya baru
contoh hasil peneliatian penggunaan promosi jasa pendidikan seperti di Universitas New York meningkatkan calon mahasiswa sebesar 80% dan di Universitas Akron dapat meningkatkan calon mahasiswa dan kepercayaan masyarakat.

Penggunaan yang banyak dgunakan dalam promosi jasa pendidikan adalah sebegai berikut:
  • Surat Kabar
  • Radio
  • Spanduk
  • Brosur
  • Mengundang Pejabat

Ada 2 tipe periklanan yang lazim digunakan oleh lembaga pendidikan, seperti:

  1. Institutional Advertising adalah memperkenalkan organisasi atau mengumumkan indentitas baru dari suatu perusahaan pada target audiences. Tujuannya adalah untuk menarik investor, meningkatkan reputasi perusahaan atau menarik simpati masyarakat dengan cara melibatkan perusahaan didalam kegiatan masyarakat.
  2. Direct Response adalah salah satu daripada strategi pemasaran. Ini adalah teknik pemasaran yang menggerakkan pelanggan bertindak pantas terhadap iklan yang dipasarkan. Contoh direct response:
  • Tempah sekarang
  • Klik Like jika post ini bermanfaat untuk anda
  • Komen, “Saya mahu”
  • Baca sekarang
 Vivi Yusdikasari
1445115201
MP NR 2011

3 komentar:

  1. blognya bagus, cuma pas mau aku masukin ke doc untuk tambahan, ternyata gak bisa diblock. hehe..
    padahal berguna banget buat skripsi aku yg neliti ttg CRM (Customer Relationship Management) di sekolah.
    keep on going...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, ini tugas kuliah. Saya block soalnya takut di copas sama teman sekelas. Kalau mau nanti bisa saya kirim lewat email. Terimakasih :)

      Hapus
  2. mbak bisa tolong diberikan buku sumbernya dari artikel yang dimuat...utk keperluan tesis saya.tq

    BalasHapus

 
Kumpulan Tugas Kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter