Perbedaan Segmentasi Psikografis dan Perilaku



Perbedaan Segmentasi Psikografis dan Perilaku

Istilah psikografis memiliki ide yang menggambarkan (grafik) faktor-faktor psikologis (psycho) yang membentuk konsumen (Mowen, 2002:283). Namun dalam prakteknya psikografis dipergunakan untuk mengukur gaya hidup konsumen dengan menganalisis aktivitas, minat dan opini. Segmentasi psikografis biasanya dipakai untuk melakukan riset kepada konsumen, yang nantinya akan membantu perusahaan mencapai tujuan serta memahami yang konsumen inginkan seperti bagaimana  produk yang akan dipasarkan, bagaimana kemasannya, dan bagaimana cara pemasarannya.
Perilaku merupakan bagian didalam psikografis, karena perilaku adalah kepribadian konsumen. Konsep gaya hidup konsumen berbeda dengan kepribadian. Gaya hidup konsumen memperlihatkan bagaimana mereka membelanjakan uang mereka, bagaimana mereka menghabiskan waktu mereka, sedangkan kepribadian yang menggambarkan konsumen lebih internal, yaitu : karakteristik pola berpikir, perasaan, dan memandang konsumen.
Gaya hidup dan kepribadian hubungannya sangat erat. Konsumen yang kepribadiannya dikategorikan berisiko rendah tidak mungkin memiliki gaya hidup seperti berspekulasi di pasar modal. Akan tetapi, jika dihubungkan dengan setiap diri pribadi gaya hidup dan kepribadian perlu dibedakan dengan dua alasan penting.
( 1)  Secara konseptual: Kepribadian merujuk pada karakteristik internal seseorang, sedangkan gaya hidup merujuk pada manifestasi eksternal dari karakteristik tersebut atau bagaimana seseorang hidup. Walaupun kedua konsep ini menguraikan individu, namun keduanya menguraikan aspek individu yang berbeda.
( 2)  Secara manajerial: Beberapa penulis telah merekomendasikan bahwa manajer pemasaran yang secara bertahap harus mensegmen pasar dengan pertama-tama mengindentifikasi segmen gaya hidup dan kemudian menganalisis segmen ini pada kepribadian yang berbeda.

   VIVI YUSDIKASARI
   1445115201
   MANAJEMEN PENDIDIKAN NONREG 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Kumpulan Tugas Kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter