Kebijakan Harga Jual

Pertemuan Ke-10
"Kebijakan Harga Jual"

Kelompok 8, yang terdiri dari saya sendiri Vivi Yusdikasari, Berta Mahariyanti, Roliyani serta Ria Winda Wulandari, Senin 29 April melakukan paparan dengan judul "Kebijakan Harga Jual". Sebagai berikut paparan kelompok 8.

Paparan pertama adalah menjelaskan apa itu kebijakan harga jual, yaitu Kebijaksanaan penetapan harga adalah merupakan salah satu unsur yang terpenting dan utama bagi perusahaan dalam menentukan atau melaksanakan strategi pemasaran dalam upaya untuk meningkatkan penjualan. Di mana harga suatu barang merupakan penghubung antara pembeli (konsumen) dengan pihak penjual (produsen) yang turut menentukan terjadinya transaksi pembelian, dan juga harga merupakan ukuran panting untuk mengetahui berapa besar nilai suatu barang dan jasa dan merupakan salah satu faktor yang menentukan berhasil tidaknya suatu barang dan jasa laku di pasaran.

Kebijaksanaan yang akan dilakukan dalam rangka menetapkan harga barang/jasa, harus pula diperhatikan adanya keseimbangan di antara faktor-faktor yang satu sama lain saling mempengaruhi (interde-pendency), yaitu antara lain:
• faktor permintaan di pasar.
• faktor biaya pembuatan bar-rang/jasa.
• faktor keuntungan yang diharapkan, dan lain sebagainya.
• Penilaian terhadap kekuatan/kedudukan barang di pasaran.
• Kemampuan modal dan keuangan.
• Sikap lembaga-lembaga pemasaran terhadap barang itu dan lain       sebagainya.

Kebijaksanaan penetapan harga jual sebagian besar tergantung pula pada bentuk-bentuk persaingan yang berlaku dalam masyarakat. Kebijaksanaan penetapan harga yang dilakukan dalam bentuk persaingan monopoli sudah barang tentu lain dengan dalam bentuk persaingan bebas ataupun dalam bentuk monopoli dan oligopili.


Dengan jalan menetapkan harga pokok yang tepat, maka dengan harga pokok tersebut kita dapat memakai sebagian pedoman didalam menetapkan harga jual, yaitu berusaha untuk menetapkan harga jual di atas harga pokok. Sebab jika kita menetapkan harga jual sama dengan harga pokok maka perusahaan akan menderita kerugian sehingga untuk jangka waktu yang lama kelangsungan perusahaan tidak akan terjamin.
Pedoman-pedoman yang dapat dipakai disini seperti:
  1. Tingkat barang-barang dari harga sejenis dari saingan-saingannya atau barang-barang pengganti. 
  2. Penetapan Harga Jual di Atas Saingan. 
  3. Penetapan Harga Jual di Bawah Saingan.
  4. Penetapan Harga Jual sesuai dengan Saingan.
  5. Harga pada tiap Saluran Distribusi.
  6. Memilih Alternatif beberapa Harga Jual.
  7. Menetapkan Lebih dari Satu Macam Harga Jual.
  8. Kemungkinan Penetapan Harga Jual yang Jauh Lebih Murah.
  9. Psychology Harga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Kumpulan Tugas Kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter