Pertemuan Ke-10
"Kebijakan Harga Jual"
Kelompok 8,
yang terdiri dari saya sendiri Vivi Yusdikasari, Berta Mahariyanti,
Roliyani serta Ria Winda Wulandari, Senin 29 April melakukan paparan
dengan judul "Kebijakan Harga Jual". Sebagai berikut paparan kelompok 8.
Paparan pertama adalah menjelaskan apa itu kebijakan harga jual, yaitu Kebijaksanaan penetapan
harga adalah merupakan salah satu unsur yang terpenting dan utama bagi
perusahaan dalam menentukan atau melaksanakan strategi pemasaran dalam upaya
untuk meningkatkan penjualan. Di mana harga suatu barang merupakan penghubung
antara pembeli (konsumen) dengan pihak penjual (produsen) yang turut menentukan
terjadinya transaksi pembelian, dan juga harga merupakan ukuran panting untuk
mengetahui berapa besar nilai suatu barang dan jasa dan merupakan salah satu
faktor yang menentukan berhasil tidaknya suatu barang dan jasa laku di pasaran.
Kebijaksanaan yang akan dilakukan dalam rangka menetapkan harga
barang/jasa, harus pula diperhatikan adanya keseimbangan di antara
faktor-faktor yang satu sama lain saling mempengaruhi
(interde-pendency), yaitu antara lain:
• faktor permintaan di pasar.
• faktor biaya pembuatan bar-rang/jasa.
• faktor keuntungan yang diharapkan, dan lain sebagainya.
• faktor permintaan di pasar.
• faktor biaya pembuatan bar-rang/jasa.
• faktor keuntungan yang diharapkan, dan lain sebagainya.
• Penilaian terhadap kekuatan/kedudukan barang di pasaran.
• Kemampuan modal dan keuangan.
• Sikap lembaga-lembaga pemasaran terhadap barang itu dan lain sebagainya.
• Kemampuan modal dan keuangan.
• Sikap lembaga-lembaga pemasaran terhadap barang itu dan lain sebagainya.
Kebijaksanaan penetapan harga jual sebagian
besar tergantung pula pada bentuk-bentuk persaingan yang berlaku dalam
masyarakat. Kebijaksanaan penetapan harga yang dilakukan dalam bentuk
persaingan monopoli sudah barang tentu lain dengan dalam bentuk persaingan
bebas ataupun dalam bentuk monopoli dan oligopili.
Dengan jalan menetapkan harga pokok yang tepat,
maka dengan harga pokok tersebut kita dapat memakai sebagian pedoman didalam
menetapkan harga jual, yaitu berusaha untuk menetapkan harga jual di atas harga
pokok. Sebab jika kita menetapkan harga jual sama dengan harga pokok maka
perusahaan akan menderita kerugian sehingga untuk jangka waktu yang lama
kelangsungan perusahaan tidak akan terjamin.
Pedoman-pedoman
yang dapat dipakai disini seperti:
- Tingkat barang-barang dari harga sejenis dari saingan-saingannya atau barang-barang pengganti.
- Penetapan Harga Jual di Atas Saingan.
- Penetapan Harga Jual di Bawah Saingan.
- Penetapan Harga Jual sesuai dengan Saingan.
- Harga pada tiap Saluran Distribusi.
- Memilih Alternatif beberapa Harga Jual.
- Menetapkan Lebih dari Satu Macam Harga Jual.
- Kemungkinan Penetapan Harga Jual yang Jauh Lebih Murah.
- Psychology Harga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar