Pertemuan
Ke-5
“Positioning
dan Jasa Pemasaran”
Senin, 18 Maret 2012 pukul 13.30
seperti biasa perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan dimulai. Ada yang
beda nih dari metode pembelajaran dari yang sebelumnya, apa itu? Mahasiswa
belajar tidak di kelas, melainkan di depan ruang Kepala Jurusan atau yang
sering disebut oleh mahasiswa Manajemen Pendidikan adalah ‘Kajur’. Kenapa metode
belajar kali ini berbeda dengan sebelumnya mungkin dosen kami berpikir bahwa
cara belajar yang digunakan sebelumnya tidak efektif karena setiap kelompok
yang terdiri dari 4 orang menjelaskan materi yang sama di depan kelas. Oleh karena
itu, metode yang digunakan sekarang adalah setiap 1 orang pemapar menjelaskan
materinya kepada 2 sampai 3 kelompok saja. Pada pertemuan kali ini yang
mendapat giliran untuk memaparkan materinya adalah kelompok 3, berikut penjelasannya.
Positioning adalah tindakan perusahaan
untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu
diingatan konsumen. Sehingga dengan demikian konsumen segmen memahami dan
menghargai apa yang dilakukan perusahaan dalam kaitannya dengan para
pesaingnya. Bagi perusahaan tindakan untuk meneliti atau mengindentifikasi
posisi pesaing dan memutuskan untuk mengambil posisi setaraf dengan posisi
pesaing atau mencari kesempatan dalam pasar. Jika posisi perusahaan itu sendiri
dekat dengan pesaing lainnya, perusahaan itu harus menyeleksi dan kemudian
mencari perbedaan lebih lanjut melalui perbedaan-perbedaan tersendiri.
Maknanya, mencari ‘posisi’ di dalam
pasar, langkah ini dilakukan setelah menentukan strategi segmentasi yang
dipakai. Dengan kata lain positioning adalah suatu tindakan atau
langkah-langkah dari produsen untuk mendesain citra perusahaan dan penawaran
nilai dimana konsumen didalam suatu segmen tertentu mengerti dan menghargai apa
yang dilakukan suatu segmen tertentu, mengerti dan menghargai apa yang
dilakukan suatu perusahaan, dibandingkan dengan pesaingnya.
Oleh
karena itu, strategi positioning merupakan faktor utama dalam meningkatkan
kekuatan posisi pasar perusahaan di suatu pasar tertentu dibanding
pesaing-pesaingnya. Dari definisi diatas terkandung pengertian bahwa
positioning berorientasi pada pikiran atau persepsi konsumen. Jadi positioning
adalah usaha untuk menemukan suatu celah di
benak konsumen agar konsumen mempunyai image yang khusus terhadap produk atau
merk produk atau bahkan terhadap perusahaan.
Bentuk-bentuk
positioning:
1. Under
positioning. Kurang tepat dalam menonjolkan keunggulan produk mereka. Terkadang keunggulan
produk yang ditawarkan bukanlah hal yang istimewa lagi bagi konsumen, sehingga
sasaran pasar yang dibidik kurang berminat dengan produk tersebut dan pastinya
brand produk yang sedang dibangun kurang berkesan di benak para konsumen.
Contohnya saja seperti strategi yang dijalankan restoran cepat saji CFC “Bukan
Cuma Ayam” yang ternyata kurang berhasil menarik minat konsumen, karena dalam
benak konsumen yang tertanam kuat adalah brand KFC yang gerainya telah tersebar
di berbagai belahan dunia.
2. Over
positioning. Berbanding terbalik dengan kesalahan yang pertama, yang
dimaksudkan dengan over positioning adalah menanamkan brand produk terlalu
tinggi di dalam benak konsumen, sehingga mereka beranggapan bahwa harga jual
yang ditawarkan pastinya kurang terjangkau semua kalangan.
3. Confused
positioning. Kesalahan yang ketiga yaitu membuat pelanggan bingung dengan citra
brand yang terlalu banyak klaim ataupun adanya perubahan brand produk yang
terlalu sering. Contohnya saja seperti strategi pemasaran produk keripik pedas maicih yang
sekarang ini pecah menjadi dua kubu dan sama-sama mengusung nama maicih namun
menggunakan gambar atau logo yang berbeda. Strategi seperti ini ternyata kurang
efektif, karena hanya akan membuat pelanggan bingung dan lambat laun
kepercayaan mereka bisa menurun.
4. Doubtful
positioning. Dalam kasus ini konsumen sulit untuk mempercayai klaim sebuah
brand, kaitannya dengan fitur suatu produk, harga atau manufakturnya. Contohnya
saja seperti strategi pemasaran sebuah perusahaan yang mengklaim produknya
memiliki kualitas paling bagus, biasanya malah diragukan para konsumen karena
mereka takut hanya termakan promosi.
Keren sob
BalasHapuswww.kiostiket.com