PERTEMUAN KE-3 'Manajemen Pemasaran Jasa'
"Analisis Lingkungan Pasar"
Pada
pertemuan ke-3 perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan hari
Senin, 18 Februari 2013 sudah dimulai presentasi individu perkelompok,
saat itu yang mempresentasikan pertama kali adalah kelompok 1 yang
terdiri dari 3 orang, yaitu M. Ilham, Andika Puji Purnomo dan Elan
Suherlan. Kelompok pertama ini mendapatkan materi tentang 'Analisis
Lingkungan Pasar', dan berikut penjelasannya.
Lingkungan pemasaran adalah tempat di mana perusahaan harus memulai usahanya dalam mencari berbagai peluang dan memonitor ancaman-ancamannya.
Lingkungan pemasaran terdiri dari semua pelaku
dan kekuatan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan
transaksi secara efektif dengan pasar sasaran.
Dengan mempelajari lingkungan pasar, perusahaan dapat menyesuaikan strategi
perusahaan untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru. Jika konsumen merasa puas dengan produk yang mereka gunakan, mereka bisa saja jadi pelanggan dari perusahaan tersebut. Apalagi jika kualitas serta harga yang perusahaan tetapkan dapat dijangkau dengan konsumen. Dalam menjalankan sebuah perusahaan pemasaran, kita juga harus memperhatikan beberapa aspek tentang bagaimana supaya perusahaan bisa berjalan dalam jangka panjang serta tidak merugikan perusahaan itu sendiri.
Lingkungan pemasaran dibagi menjadi dua bagian, yaitu Lingkungan Mikro dan Lingkungan Makro. Apa yang membuat lingkungan pemasaran dibedakan menjadi dua adalah pemasaran mempunyai strategi yang berada didalam perusahan maupun diluar perusahaan. Ruang lingkup Lingkungan Mikro yang berada dalam lingkungan perusahaan berperan dalam membuat strategi perusahaan agar produk yang akan mereka hasilkan dapat memuaskan pelanggan, lingkungan mikro sendiri terdiri dari: perusahaan; pemasok; perantara pemasaran; pasar pelanggan; pesaing dan masyarakat. Sedangkan Lingkungan Makro merupakan cangkupan yang lebih luas dari mikro sendiri, dan makro mempunyai tingkat sosialitas yang lebih besar karena teridiri dari lingkungan demografis; lingkungan alam; lingkungan teknologi; lingkungan ekonomi; lingkungan politik; lingkungan budaya.
Setiap bagian dari lingkungan mikro mempunyai tugas tersendiri dalam mengerjakan dan melaksanakannya, seperti:
Pemasok, Pemasok menyediakan sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan untuk
menghasilkan barang dan jasanya. Masalah pemasok sangat mempengaruhi
pemasaran karena apabila pemasok masalah akan mengurangi penjualan
perusahaan dan mengurangi nilai kepuasan pelanggan.
Penyalur, membantu perusahaan mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan
produknya ke pembeli akhir. Penyalur meliputi agen jasa pemasaran, dan
perantara keuangan.
Pesaing, perusahaan yang berhasil adalah yang mampu mempertahankan pelanggannya dengan cara beragam supaya tidak kalah dengan pesaing.
Konsumen, Perusahaan harus mempelajari lima jenis pasar pelanggan secara lebih dekat:
- Pasar Konsumen terdiri dari perorangan dan keluarga yang membelibarang dan jasa untuk konsumsi pribadi.
- Pasar Bisnis membeli barang dan jasa untuk pemrosesan lebih lanjut atau untuk digunakan dalam proses produksi perusahaan.
- Pasar Penjual Perantara membeli barang dan jasa untuk dijual kembali demi mendapatkan laba.
- Pasar Pemerintah terdiri dari badan-badan pemerintah yang membeli barang dan jasa untuk menghasilkan pelayanan umum.
- Pasar Internasional terdiri dari para pembeli di negara lain, termasuk konsumen, produsen, penjual perantara, dan pemerintah.
Yang termasuk ke dalam lingkungan internal dalam pemasaran diantaranya;
1. Manusia, merupakan komponen utama dalam internal yang memiliki kaitan:
☑ Kompetensi, kemampuan yang harus dimiliki seseorang untuk melakukan pekerjaan
☑ Placement, penempatan yang tepat akan mempengaruhi kinerja pegawai, harus sesuai dengan keinginan dan kemampuannya. “Right man in Right place”.
☑ Promotion, peningkatan dimana adanya keinginan untuk meningkatkan jabatan yang biasanya disebut promotion dalam dunia kerja.
2. Kebijakan, yang menggambarkan visi dan misi yang akan dicapai serta digunakan
☑ Visi dan misi disetiap organisasi berbeda, kerena
setiap organisasi memiliki cara serta pencapaian dalam mencapai tujuan.
☑ Aturan, setiap
organisasi memiliki aturan yang berbeda dimana didalam sebuah
organisasi dalam aturannya itu terdapat suatu hal yang boleh dilakukan
dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan.
☑ Target, tujuan atau target merupakan bagian yang sangat penting yang akan dicapai oleh organisasi tersebut.
3. Kepemimpinan, setiap pemimpin memiliki cara yang berbeda dalam memimpin begitu juga dengan cara pencapaian tujan yang diharapkan.
☑ Sentralistik, Ada yang bersifat sentralistik dimana kepemimpinan tersebut berpusat pada pemimpin itu sendiri.
☑ Demokratis, gaya pemimpin yang apabila ingin mengambil sebuah keputusan ia mendengar segala aspirasi sari bawahannya.
☑ Lepas tangan, yang mengalihkan pekerjaannya pada tingkat dibawahnya.
☑ Orientasi pada tugas, pemimpin tidak memberikan feedback (umpan balik). Yang terpenting bawahan bekerja sesuai yang diinginkannya.
☑ Orientasi pada orang, memberdayakan SDM agar bawahannya merasa nyaman.
4. Reward Sistem, pekerja
itu penting untuk mendapatkan reward, selain berfungsi untuk
meningkatkan semangat kerja. Ada 2 jenis reward yang diberikan;
☑ Material : berupa materi seperti gaji atau tunjangan atau bonus.
☑ Non material : berupa pujian dan respon yang baik dari apa yang telah dilakukan oleh pekerjanya itu sendiri.
Jika tadi diatas sudah saya jelaskan tentang tugas-tugas Lingkungan Mikro sekarang saya akan menjelaskan Lingkungan Makro.
Lingkungan Demografis, mencakup masyarakat sekitar lingkungan perusahaan, karena masyarakatlah yang anak menciptakan pasar bagi perusahaan tersebut.
Lingkungan Ekonomis, faktor yang mempengaruhi daya beli dan pola pengeluaran konsumen. Suatu daerah mempunyai tingkat dan distribusi pendapatan yang sangat beragam.
Lingkungan Alam, potensi letak sebuah perusahaan dari bahan bakunya sehingga dapat memperkecil anggaran harga jual. Jika kita mempunyai perusahaan tambang batu bara daerah pegunungan, tidak mungkin kita membuat pabriknya di tengah kota karena bisa terjadi pemborosan tranportasi serta melonjaknya harga jual.
Lingkungan Teknologi, ada yang positif dan negatif dalam penerapannya karena teknologi yang semakin canggih dan pengerjaannya pun sekarang banyak yang menggunakan robot, selain bisa efektif waktu teknologipun bisa menaikkan target produksi perharinya. Disamping itu ada sisi negatifnya karena tidak dimanfaatkannya sumber daya manusia yang masih ada di luar sana.
Lingkungan Budaya, manusia tumbuh dalam masyarakat tertentu yang membentuk keyakinan dan
nilai dasarnya. Karakteristik budaya yang mempengaruhi pengambilan
keputusan pemasaran adalah: Keteguhan pada nilai-nilai budaya dan
perubahan dalam nilai budaya sekunder.
Setelah pemaparan semua individu dalam kelompok 1 selesai, kami para mahasiswa yang memperhatikan jalannya presentasi diberi kesempatan bertanya ataupun menambahkan penjelasan. Presentasi dan sesi tanya-jawab pun selesai, lalu dosen kami Pak Amril menjelaskan dan menambahkan lagi yang sudah di paparkan oleh kelompok 1.
Setelah pemaparan semua individu dalam kelompok 1 selesai, kami para mahasiswa yang memperhatikan jalannya presentasi diberi kesempatan bertanya ataupun menambahkan penjelasan. Presentasi dan sesi tanya-jawab pun selesai, lalu dosen kami Pak Amril menjelaskan dan menambahkan lagi yang sudah di paparkan oleh kelompok 1.
VIVI YUSDIKASARI
1445115201
MANAJEMEN PENDIDIKAN NONREG 2011
keren....sgt bermanfaat bagi saya yang mahasiswa semester 7 STAI lukman al hakim HIdayatullah Surabaya yang sedang menuntut ilmu ini
BalasHapusoya mbak ada nggak pembahasan mengenai analisis SWOT...bgmna cara kita menganalisis SWOT bila kita orang yang membuat sekolah...
aduh maaf yaa saya juga lagi mempelajari materi itu, jadi belum tahu pasti.
HapusSangat membantu
BalasHapus